«

»

Oct 06

Alasan Berbahasa Asing

Zaman sekarang masih belum mau berbahasa asing? Rasanya, kamu perlu membaca alasan berikut ini deh. Berikut ini kami paparkan alasan tentang perlunya berbahasa asing. Yup, cekidot..

1. Meningkatkan kecerdasan

Setidaknya ada 5 penelitian yang membuktikan hal ini. Orang yang mempelajari bahasa asing terbukti memiliki kompetensi kognitif melebihi orang lain yang tidak belajar. Saat seseorang belajar bahasa asing, maka ia akan memiliki keingintahuan yang tinggi. Dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki, seseorang bisa mengetahui dan memahami informasi yang tersaji dalam bahasa asing tersebut. Semakin belajar, semakin meningkat pula kecerdasannya.

2. Memuluskan karir

Ada ratusan ribu lowongan pekerjaan yang mensyaratkan kita untuk menguasai bahasa asing. Di Indonesia, biasanya bahasa asing yang perlu dikuasai adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang. Tidak hanya berperan sebagai penerjemah, tetapi juga sebagai sales admin, resepsionis, supervisor, staf marketing communication, sekretaris, tele marketing staff, dan sebagainya. Sayang kan, kalau kita harus kehilangan pekerjaan impian hanya karena malas belajar bahasa.

3. Meningkatkan impressi

Salah satu yang memengaruhi penilaian orang lain pada diri kita adalah kemampuan berbahasa asing. Orang yang bisa berbahasa asing dianggap lebih pintar, lebih berwawasan dan bisa menyelesaikan masalah. Suka atau tidak, kalau kita menjawab “Iya, saya bisa Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, bla bla ….”, maka orang akan lebih respect. Nah kalau kita tidak bisa berbahasa asing, akan ada yang menganggap kita sebagai orang kebanyakan yang tidak spesial.

4. Bebas masalah saat travelling

Travelling ke berbagai negara dan keliling dunia pastilah diinginkan oleh semua orang. Tapi, apa jadinya kalau kita tidak bisa berbahasa asing? Nggak mungkin kan hanya mengandalkan bahasa isyarat wajah dan gesture selama berhari-hari. Bukan hanya perlu menguasai Bahasa Inggris, tetapi juga bahasa setempat. Kalau kita bisa mengetahui beberapa kosa kata dan kalimat dalam bahasa setempat, maka orang-orang di sana akan lebih peduli dan mau membantu. Mereka menganggap kita adalah orang yang menghormati budaya orang lain.

5. Membuat otak awet muda

Menurut penelitian salah satu ilmuwan dari University of Edinburg, kemampuan bilingual akan membuat otak manusia lebih ‘awet muda’. Dengan menguasai bahasa asing, seseorang tidak mudah pikun, kemampuan mebaca lebih baik, dan tetap bisa berpikir dengan cepat di usia 65 tahun. Bahkan, orang tua yang menguasai bahasa asing pun lebih cerdas daripada mereka yang hanya menguasai bahasa ibu atau bahasa daerah. Tidak masalah pada usia berapapun kita mulai belajar bahasa asing, otak akan merespon positif. Otak pun bisa menjadi lebih focus.

6. Memudahkan akses belajar ke luar negeri

Entah sekadar mengikuti trend, menuruti gengsi, atau memang ingin mendapatkan pengetahuan lebih banyak, nyatanya kuliah di luar negeri merupakan idaman banyak orang. Tapi, hanya orang yang bisa berbahasa asing (minimal Bahasa Inggris) lah yang lebih mudah melakukannya. Bayangkan saja kita menetap di luar negeri selama bertahun-tahun tanpa modal bahasa asing. Bukannya belajar bidang ilmu yang diinginkan, kita justru merepotkan diri dengan ribetnya interaksi tanpa modal kemampuan bilingual.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Orang yang mampu berbahasa asing akan lebih mudah bergaul dan percaya diri. Beda dengan orang yang hanya menguasai 1 bahasa saja. Dengan menguasai bahasa asing, seseorang lebih yakin pada masa depan dan karirnya. Mereka cenderung tidak stress dan terhindar dari depresi.

Selain ketujuh alasan tersebut, bahasa asing juga dipastikan memudahkan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Lihat saja beragam perangkat canggih yang petunjuknya hanya tersedia dalam bahasa asing. Bahasa asing juga memudahkan kita terhindar dari Alzheimer, dementia, dan penyakit mental lainnya. Jadi, masih ragu belajar bahasa asing?

Courtesy of pendapatanda.com  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>